Nov
22
2014
0
SMK Rujukan adalah sebuah SMK dengan kinerja yang
bagus, akses luas dan efektif dalam hal pengelolaan institusi. SMK Rujukan ini
nantinya akan menjadi sekolah induk (aliansi) bagi 3 atau 4 SMK sejenis yang
skalanya lebih kecil yang lokasinya tidak berjauhan di suatu daerah. SMK
aliansi tersebut dapat memanfaatkan fasilitas maupun sumber daya yang terdapat
di SMK rujukannya. Pada tahun 2014 PSMK menargetkan adanya 300 SMK rujukan
sebagai pilot project, dan diharapkan
mencapai 1650 SMK pada tahun 2019.
bagus, akses luas dan efektif dalam hal pengelolaan institusi. SMK Rujukan ini
nantinya akan menjadi sekolah induk (aliansi) bagi 3 atau 4 SMK sejenis yang
skalanya lebih kecil yang lokasinya tidak berjauhan di suatu daerah. SMK
aliansi tersebut dapat memanfaatkan fasilitas maupun sumber daya yang terdapat
di SMK rujukannya. Pada tahun 2014 PSMK menargetkan adanya 300 SMK rujukan
sebagai pilot project, dan diharapkan
mencapai 1650 SMK pada tahun 2019.
Salah satu persyaratan SMK agar dapat ditunjuk sebagai SMK rujukan
adalah adanya school development plan (SDP),
sebuah rencana kerja tiga tahunan mengenai program kerja SMK rujukan. SEAMOLEC,
sebagai sebuah lembaga regional yang berpengalaman dalam hal pemanfaatan ICT
dalam pembelajaran serta program mitra kerja sama antar institusi pendidikan,
menawarkan bantuan dalam penyusunan SDP dan pendampingan calon SMK Rujukan.
adalah adanya school development plan (SDP),
sebuah rencana kerja tiga tahunan mengenai program kerja SMK rujukan. SEAMOLEC,
sebagai sebuah lembaga regional yang berpengalaman dalam hal pemanfaatan ICT
dalam pembelajaran serta program mitra kerja sama antar institusi pendidikan,
menawarkan bantuan dalam penyusunan SDP dan pendampingan calon SMK Rujukan.
Indikator Kinerja Kunci (IKK) membantu sekolah dalam menentukan dan
mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan-tujuan sekolah. Setelah sekolah
menganalisis misinya, mengidentifikasi semua pemangku kepentingan, dan
menentukan tujuan-tujuan, maka membutuhkan cara untuk mengukur capaian-capaian
yang telah dilakukan, dan pengukuran itu adalah IKK.
mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan-tujuan sekolah. Setelah sekolah
menganalisis misinya, mengidentifikasi semua pemangku kepentingan, dan
menentukan tujuan-tujuan, maka membutuhkan cara untuk mengukur capaian-capaian
yang telah dilakukan, dan pengukuran itu adalah IKK.
IKK mencerminkan tujuan-tujuan sekolah, menjadi kunci kesuksesan
sekolah, dan oleh karenanya IKK harus dapat diukur. IKK dipertimbangkan untuk 3
tahun, Tetapi tujuan-tujuan jangka pendek dibuat dalam rangka mencapai tujuan
jangka panjang. Seberapa besar pencapaian IKK tergantung ukuran yang ditentukan.
Maka dari itu dalam membuat IKK harus menyatakan kuantitas atau persentase yang
hendak dicapai.
sekolah, dan oleh karenanya IKK harus dapat diukur. IKK dipertimbangkan untuk 3
tahun, Tetapi tujuan-tujuan jangka pendek dibuat dalam rangka mencapai tujuan
jangka panjang. Seberapa besar pencapaian IKK tergantung ukuran yang ditentukan.
Maka dari itu dalam membuat IKK harus menyatakan kuantitas atau persentase yang
hendak dicapai.
Beberapa IKK itu adalah adanya TUK,Kelas Maya untuk PBM,Partnership,penguasaan bahasa asing,profil lulusan dan SDM