Tulisan ini di sarikan dari lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) 2017 tingkat Nasional. Diharapkan guru dapat melakukan proses self review dan perbaikan karya tulis ilmiahnya sendiri. Proses pendampingan akan dilakukan oleh fasilitator melalui berbagai pendekatan, seperti kegiatan diskusi, simulasi, penugasan dan tanya jawab. Kegiatan workshop ini akan dilengkapi oleh penerapan proses self review naskah karya inovasi pembelajaran menggunakan instrumen review yang memiliki 3 aspek yaitu: sistematika, kebahasaan, dan plagiarisme.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Menjelaskan Konsep Dasar Review
b. Menjelaskan Instrumen Review
c. Menjelaskan Konsep Self Review
d. Menjelaskan Langkah Self Review
e. Mempraktikan Self Review
f. Menjelaskan Langkah-langkah perbaikan KTI
g. Mempraktikan perbaikan KTI
II. Ruang Lingkup
Materi
Materi ini membahas Konsep Dasar Review, Instrumen Review, Konsep Self Review, Langkah Self Review, Praktik Self Review, Langkah-langkah Perbaikan, dan Praktik perbaikan KTI.
III. Materi
Dasar Review
Pengertian
text adalah teks yang ditujukan untuk meninjau suatu karya, baik
film, buku dan sebagainya, untuk mengetahui kualitas, kelebihan serta
kekurangan yang dimiliki oleh karya tersebut. Tujuan dari Review text adalah melakukan kritik terhadap peristiwa atau karya seni ataupun
lainnya untuk khalayak umum (www.ef.co.id).
pembelajaran adalah teks yang ditujukan untuk meninjau karya inovasi
pembelajaran sehingga diperoleh informasi kualitas, kelebihan, serta
kekurangannya.
Jenis Review
biasa disebut expert judgement, a) review oleh teman sejawat (sesama profesi, seperti peneliti
atau guru) biasa disebut peer-review (www.elsevier.com), dan 3) review
oleh sendiri atau biasa disebut self-review.
menggunakan instrumen penilaian kelayakan perlombaan karya inovasi pembelajaran. Instrumen review
disusun berdasarkan isi dan sitematika karya tulis ilmiah, kebahasaan, serta menghindari plagiasi. Secara lengkap aspek-aspek dan komponen dari
instrument review disajikan pada tabel berikut:
No
|
Aspek
|
Komponen
|
Penjelasan
|
1
|
Sistematika
|
Judul
|
1. Ditulis dengan huruf kapital dalam bahasa
Indonesia, kecuali istilah asing ditulis dalam cetak miring
2. Singkat, jelas, padat, dan informatif
3. Maksimum 20 kata
|
|
|
Abstrak
|
1. Memuat secara ringkas tujuan, metode, dan
hasil
2. Memuat maksimal 5 kata kunci
3. Ditulis dalam 200 – 300 kata
4. Spasi 1 (single)
|
|
|
Pendahuluan
|
1.
Latar belakang memuat kondisi nyata, kondisi ideal, solusi inovatif dan keunggulannya.
2.
Rumusan masalah memuat permasalahan pembelajaran yang akan diselesaikan melalui karya inovasi. Rumusan masalah dapat dituliskan dalam kalimat tanya atau pernyataan.
3.
Tujuan memuat butir-butir sasaran inovasi pembelajaran sesuai dengan rumusan masalah.
4.
Manfaat memuat pernyataan-pernyataan tentang kontribusi karya inovasi pembelajaran bagi peserta didik, guru, dan sekolah. |
|
|
Kajian Pustaka
|
1.
Memuat pernyataan tentang ide dasar yaitu inspirasi yang mendasari dikembangkannya karya inovasi pembelajaran
2.
Memuat teori yang relevan untuk melandasi penyusunan karya inovasi pembelajaran
3.
Memuat kerangka berpikir yang berisi alasan-alasan rasional dan empirik untuk menghubungkan masalah dan karya inovasi serta dapat disajikan dalam bentuk bagan |
|
|
Karya Inovasi Pembelajaran
|
1.
Rancangan karya inovasi pembelajaran memuat metode, detail karya, proses, dan prosedur pengembangan karya inovasi pembelajaran.
2.
Implementasi dalam pembelajaran memuat penjelasan tentang prosedur, kendala-kendala penerapan karya inovasi dan upaya-upaya perbaikannya.
3.
Analisis data hasil implementasi dalam pembelajaran memuat sajian data dan pembahasannya secara rasional dan teoretik.
4.
Diseminasi memuat prosedur dan hasil penyebarluasan karya inovasi pembelajaran pada rekan sejawat atau Kelompok Kerja Guru (KKG). |
|
|
Penutup
|
1.
Simpulan memuat butir-butir capaian dari karya inovasi pembelajaran yang merujuk pada rumusan masalah.
2.
Saran memuat pernyataan spesifik untuk menyempurnakan karya inovasi pada masa mendatang berdasarkan temuan pada saat implementasi. |
|
|
Daftar Pustaka
|
1.
Disusun sesuai kaidah penulisan kepustakaan
2.
Memuat semua sumber pustaka yang digunakan sebagai rujukan dalam penulisan naskah karya inovasi.
3.
Sumber pustaka diterbitkan 10 tahun terakhir. |
|
|
Lampiran
|
1.
Bukti kepemilikan NUPTK;
2.
Biodata Peserta Lomba Inovasi Pembelajaran;
3.
Fotokopi Ijazah S1/ D4 yang dilegalisasi;
4.
Surat Keterangan Sehat dari Dokter;
5.
Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa:
a. tidak sedang dalam mengikuti tugas belajar yang dibiayai Pemerintah.
b. belum pernah menjadi Juara 1,
Juara 2, atau Juara 3 lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbud tahun 2014 sampai dengan tahun 2016.
c. tidak
mengikuti lomba lain yang diselenggarakan oleh Kemendikbud pada tahun 2017.
d. naskah
belum pernah dimuat dalam publikasi ilmiah.
e. naskah
bukan skripsi, tesis, atau disertasi.
f. karya
sudah diimplementasikan dalam pembelajaran.
g. karya
belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional. |
2
|
Kebahasaan
|
Diksi
|
1.
Syarat ketepatan terkait dengan aspek logika kata, artinya setiap kata hanya memiliki satu makna dan mengacu hanya pada satu rujukan yang tepat
2.
Syarat kesesuaian terkait dengan aspek sosial kata, artinya setiap kata memiliki makna sesuai dengan pemakaiannya dalam konteks sosial |
|
|
Kalimat
|
1.
Kesepadanan dan kesatuan
2.
Kesejajaran bentuk dan makna
3.
Penekanan dalam kalimat
4.
Kehematan dalam kalimat
5.
Kevariasian dalam struktur kalimat |
|
|
Paragraf
|
1.
Kesatuan paragraph
2.
Kepaduan/koherensi
3.
Kelengkapan |
|
|
Ejaan
|
1.
Penulisan huruf
2.
Penulisan kata
3.
Penulisan unsur
4.
Pemakaian tanda baca |
|
|
Notasi Ilmiah
|
1.
Kutipan
2.
Catatan kaki |
3
|
Plagiarisme
|
Similarity
|
Tingkat
kesamaan antara naskah dan sumber yang ada di internet. |
|
|
Citacy
|
Tingkat
kesesuaian antara rujukan pada naskah dan daftar pustaka. |